Blog

Percaya

Pernahkah merasa ada sesuatu yang salah atas diri kita, sehingga apapun yang kita lakukan selalu tidak berujung baik. Mengalami kegagalan, kekecewaan. Sebenarnya apa yang kita usahakan sebaik mungkin itu pasti memiliki hasil, walaupun hasil tersebut tidak seperti yang kita inginkan. Percaya atau tidak, semua yang kita jalanin pasti memiliki arti tersendiri. Tidak perlu takut untuk…

Ramadhan di Saat Pandemi

Situasi Ramadhan tahun ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya atau sepanjang perjalanan Ramadhan yang dilalui umat muslim. Melakukan ibadah dar rumah disebut sebagai pilihan terbaik untuk dijalankan saat ini karena wabah virus corona di Indonesia. Meskipun kita sama-sama memahami dan menyadari betapa pentingnya dan betapa mulianya berada dan beribadah di masjid, dalam konteks seperti sekarang ini,…

Kartini

“Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.” R.A Kartini

Apa Kata Orang

Kita tidak dapat menyenangkan semua orang. Berharap setiap manusia menyukai apa yang kita lakukan adalah kemustahilan Bila saat ini kita sedang hijrah, hijrahlah dengan istiqomah. Bila saat ini kita sedang menjemput impian, jemputlah ia dengan sungguh-sungguh. Bila saat ini kita sedang memulai lalu gagal, teruslah berusaha. Ga semua orang akan mendukung yang akan kita lakukan.…

Berpikirlah Positif, Tidak Peduli Seberapa Keras Kehidupanmu!

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat).”…

Hampir semua orang pernah mengeluh. Bagaimana dengan kamu?

Hampir semua orang pernah mengeluh. Bagaimana dengan kamu? Mengeluh tampaknya menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Ternyata, mengeluh merupakan kebiasaan buruk yang bisa membawa dampak buruk bagi perkembangan mental seseorang. Masalah yang datang merupakan ujian dari Allah SWT untuk lebih bijak dalam menyikapi kehidupan ini, bukan untuk dikeluh kesahkan. Jangan mempersulit hidupmu dengan mengeluh. Mengeluh dan menyalahkan orang lain hanya akan membuat hidupmu semakin sulit. Daripada melakukan hal yang tidak berguna, sibuklah dengan kegiatan bagaimana cara membuat hidupmu lebih bahagia. Misalnya, ketika ada permasalahan yang datang, berusahalah untuk mencari solusi untuk menyelesaikannya. Percayalah bahwa tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan. Kamu hanya perlu sedikit bersabar.

Rasanya Masalah Dalam Diri Kita Tak Kunjung Usai…

” Selama kita belum sempura menjadi hamba Allah; hanya bergantung kepada-Nya, beribadah, dan bermuara pada-Nya, selama itulah kita tak akan selesai dengan diri sendiri. Karena, mengikuti standar yang diciptakan dunia tak akan menemukan kata bahagia” Rasanya masalah dalam diri kita tak kunjung selesai. Selalu kurang ini, kurang itu, selalu butuh dipahami, dan ingin dimengerti. Sedang…

Tujuan Indah Allah?

Jangan merasa takut atau khawatir, sungguh Allah sudah tahu dimana batas kemapuanmu. Allah bahkan tahu di detik keberapa kamu akan benar-benar kuat menjalani semuanya, maka pastikan kamu tetap sabar dalam menghadapi apa yang sedang terjadi. Sekarang nikmati dulu apa yang menurutmu ini sulit dengan penuh sabar, ikhlas, dan parasangka yang baik tiada henti, karena disitulah kamu akan menemukan tujuan indah Allah.

H-10 Ramadhan

Setiap orang pasti ingin doanya dikabulkan. Namun kadang, kita suka bertanya-tanya kenapa doa kita tak kunjung dikabulkan. Padahal berbagai macam ikhtiar sudah kita kerahkan. Sehingga munculah perasaan putus asa hingga akhirnya kita berhenti berdoa. Ketahuilah bahwa Allah itu sangat menyukai hamba-hambaNya yang selalu berdoa. Berdoa adalah bukti bahwa kita butuh pada Allah dan bukti bahwa kita adalah makhluk yang lemah yang tidak bisa melakukan apa-apa jika tidak diberikan kemampuan oleh Yang Maha Kuasa. Barangkali Allah sedang menguji kesabaran dan ketaatan kita dengan menunda doa dikabulkan. Mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik untuk kita. Atau bisa jadi kita masih banyak dosa yang jadi penyebab doa kita tak kunjung dikabulkan. Meskipun doa kita tidak dikabulkan di dunia, Allah pasti mengabulkannya di akhirat kelak.

Ngaku millenial tapi isi hidup nya rehat terus?

Hmm.. “Tenangkanlah hati, semua ini bukan salahmu..” Rehat, Kunto Aji Kamu Millenials? Kayaknya, akhir-akhir ini lagi nge-trend banget deh soal Mentel Illnes. Entah bahasannya tentang depresi, lah, insecure, Quarter Life Crisis, ato apapun itu..   Setelah berbagai macam analisis, ketemu nih! Kalau kepribadian Generasi M ini identic dengan “Semua tentang gue, gue, gue!” Pokoknya semua…

Life Goals

“Ada kekuatan-kekuatan dahsyat yang tak terduga yang bisa timbul pada samudera,pada gunung berapi dan pada pribadi yang tahu benar akan tujuan hidupnya” (Pramoedya A.Toer) Ada kekuatan dahsyat yang tak terduga pada seseorang yang tahu tujuan hidupnya. TUJUAN.Inilah bara yang tetap menyala dan bertambah kuat panasnya seiring wakttu.Tujuanlah yang mampu menghilangkan lelah,menyerap segala keluh dan kesah. Apapun yang dilakukan dengan tujuan, ia seperti dorongan roket yang membantu pesawat antarika menembus atmosfer bumi. Ketika manusia memiliki tujuan, ia mempunyai banyak daya untuk mencapainya,karena tiada yang sulit bila tujuan sudah digenggam.Hanya masalah waktu dan kesungguhan yang akan mewujudkan hal itu. Nah, bagaimana dengan kita saat ini?sudahkah memiliki tujuan dalam hidup? Dan yang tak kalah penting, apakah tujuan itu menghantarkan kita pada rida-Nya?Bila belum, segeralah buat tujuan hidup,sebab hidup yang tidak punya tujuan,sejatinya tidak pernah hidup.Demikiankah ingin hatimu?? Jadi, apa tujuan hidupmu??

SELAMAT HARI KESEHATAN SEDUNIA!!

Untuk menjadi kuat dan sehat, Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW pernah berkata, “Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada yang lemah, dan keduanya baik…” (HR Al-Bukhari) Yuk kita biasakan hidup sehat, karena dengan sehat itulah banyak hal baik dan bermakna yang bisa kita berikan untuk diri kita dan juga tentunya orang lain ?

Memperingati Hari Bandung Lautan Api ke-74

Halo-halo Bandung.. Ibu kota periangan Halo-halo Bandung.. Kota Kenang-kenangan.. Yap, hari ini tepat pada tanggal 24 Maret 2020 merupakan hari bersejarah bagi warga Indonesia, khususnya warga Bandung. Kira-kira gimana sih awal mula terjadinya pada peristiwa Bandung Lautan Api..?? Selain diuacapkan oleh Rukana (Komandan Polisi Militer Bandung), kata “Bandung Lautan Api” muncul dari seorang wartawan harian Suara Merdeka, Atje Bastaman, yang menyaksikan pembakaran Bandung dari sebuah bukit di Pameungpeuk, Garut. Sebelum peristiwa pembungihangusan…

14 HARI #dirumahaja

Mulai sekarang, yuk #dirumahaja untuk mengurangi penyebaran virus Corona.. Kenapa sih harus #dirumahaja ? Jadi gini gaes, kita disuruh buat di rumah aja untuk menerapkan Social Distancing. Jadi social distancing itu adalah imbauan untuk mengurangi, menempatkan diri i tempat-tempat umum. Mengingat penyebaran virus corona di Indonesia sudah hampir berhasil menembus ring 1 pemerintahan, ada baiknya untuk mengisolasi diri di rumah Terus,…

Kuatlah Muslim India!!

Asslamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Dua belas hari telah berlalu sejak peneroran yang terjadi terhadap umat Muslim di New Delhi, India. Dua Maret 2020 telah tercatat 48 korban tewas dan 200 orang lebih luka-luka akibat serangan teror dari pemerintah dan kaum ekstrimis Hindu India. Bagian timur laut New Delhi terkena dampak paling besar ketika para perusuh…

LAPORAN DONASI UNTUK KORBAN BANJIR Dayeuhkolot

Assalamualaikum wr.wb. Bismillah… kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam kegiatan donasi untuk sodara/i kita yang menjadi korban banjir di Dayeuhkolot. Alhamdulillah telah terkumpul dana sebesar: RP 4.518.100,00 Dana sudah digunakan untuk pendistribusian 60 paket donasi berisi : 1 liter minyak 1 kg gula 3 kg beras 3 bungkus mi…

Sosialisasi Kerja Dakwah LDK Al-Fath Generasi 7

Alhamdulillah telah dilaksanakan Sosialisasi Kerja Dakwah (Soskerda) LDK Al-Fath tahun 2020-2021 pada hari Aha, 23 Februari 2020 pukul 07.00 WIB – 15.00 WIB yang bertempat di Aula Gedung C Lt.2 Bandung Techno Park. Semoga program-program kerja dakwah ini dapat terealisasikan dengan baik untuk syiar Islam khusunya di kampus untuk kedepannya. “Tiada iman pada seseorang yang…

Berbagi ? Kenapa engga?

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Hallo teman teman, kalian pasti asing lagi dengan yang namannya “berbagi”, berbagi dalam segala hal dan pastinya kalian sudah sangat sering melakukan kegiatan berbagi kan ? ada banyak manfaat dari berbagi loh, eh tapi berbagi dalam hal positif ya, berikut 3 manfaat yang akan didapatkan ketika kita berbagi dengan sesama manusia maupun…

MUSAFIR? APA SYARAT DAN KETENTUANNYA?

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Heh bray?

INI DIA PENGGAGAS METODE IQRO’

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Haloo guys? Gimana nih puasa? Lancar kan? Sambil nunggu waktu buka yuk kita simak dulu yang berikut ini

Kuy Shalat Rawatib!

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh hai cuy? apa kabar?? ga terasa udh menjelang ramadhan nih, skuy trus persipakan diri serta iman kita untuk menyambut bulan Ramadhan 1440 H. Nah, taukah Kalian? tentang Shalat Rawatib? emmm, kadang masih agak asing ya terdengar oleh kita bahkan cuma sekedar tau aja ya. okey, kita akan bahas sdkt ttg shalat sunnah…

MUSA IBN NUSHAIR, SANG PENAKLUK ANDALUSIA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillaahirrahmaanirrahiim Hai cuy? Kamu tau ANDALUSIA? Sebuah komunitas ontonomi Spanyol. Yang paling padat penduduknya dan kedua terbesar dari 17 wilayah yang membentuk Spanyol. Ibu kotanya adalah Sevilla.

AKU, KAMU PERLU TAHU! TERNYATA ADA 2 LAUTAN YANG TIDAK BERCAMPUR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Edisi kali ini mimin akan menyampaikan informasi tentang kejadian alam yang sempat menghebohkan. Pasti kalian pernah mendengarkan Selat Gibraltar kan? itu loh Selat dengan dua lautan yang tidak bercampur. Koq bisaa…? daripada penasaran yuk disimak!

Penting!!! Sebelum Membaca Al-Qur’an Ketahui dulu Beberapa Tanda Berikut

Assalamu’alaikum^^ Apa kabar bro and sist? Udah baca Qur’an blm hari ini? Yuk jangan sampe lupa baca Al-Qur’an nya. Dalam alquran ada yg namanya istilah waqaf. Apa itu waqaf?

INGIN HIDUP SEHAT? BEGINI TIPSNYA…

Assalamualaikum… Hai hai, bro and sist? Tau kah kalian? ^^ ternyata ada beberapa perilaku hidup sehat loh … Yaps~.

Begini Adab Makan dan Minum yang Dicontohkan Oleh Rasulullah!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Halo, bro and sist? Sedikit info nih untuk teman-teman. Ternyata ada beberapa Adab ketika mau makan dan minum loh. Berikut beberapa hal yang dicontohkan Rasulullah SAW. saat makan dan minum. Yuk disimak!

TIPS BERKOMUNIKASI DENGAN DOSEN

Assalamualaikum wr.wb haloo bro, and sist? pasti pernahkah berkomunikasi dengan dosen? YAPSS . Bukan pernah lg kayanya ya? pasti SERING bgt nih ~ nah, ternyata ada tips nya juga nih gimana berkomunikasi yg baik dengan dosen ^^ Yuk simak!

Seperti Apa sih Ekonomi Dalam Islam?

Assalamu’alaikum sobat al-fath? Udah beres belum tubes nya? Oh iya udah berinfaq belum hari ini? Dengan berinfaq kita bisa menolong sesama lho, infaq juga merupakan salah satu sistem dalam ekonomi islam, terus sistem ekonomi islam itu seperti apa? Simak yu penjelasan nya

LAKUIN INI SEBELUM TIDUR YAA!!

Assalamu’alaikum ^^ Apa kabar teman-teman semuanya? Alhamdulillah baik2 aja kan hehe.

Mengenal Muslim Indonesia, Sebanyak itu kah?

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh~ Haiiii teman teman! Ku, punya tebak tebakan nih… Apa persamaan aku dan kamu, yang bikin jadi kita? …jawabannya… sama-sama muslim yeyy ~ Jadi, siapa kita?! Kita Muslim! ^^ Eh tapi, ada yang tau gak sih, Islam di negara Indonesia kita ini? Yuk, kita coba bahas singkat aja. Ternyata oh ternyata….

Maulid Nabi

Assalamualaikumu guys ~ Wahh… akhirnya libur telah tiba ?, Walaupun cuma satu hari yang penting libur ?~ Pada tau gak ngapa hari ini libur ? ? Yapp… karena hari ini adalah hari maulid nabi Muhammad saw ?~ Nahh… mumpung kita masih dalam momen maulid nabi saw, kuy kita refresh lagi tentang kilas balik sejarah nabi…

YUK MAIN KE KAZAN, RUSIA

Assalamu’alaykum warohmatulah wabarokatuh sahabat Al-Fath… Hallooo….gimana ni kabarnya? Udah akhir bulan aja nih yaa, gimana kabar keuangannya? Lantjar lah yaa, insyaaallah

Bergaul? Gimana Sih Anjurannya?

Assalamualaikum Sahabat.. Pergaulan yang baik adalah melakukan pergaulan menurut norma-norma yang terdapat pada masyarakat dan tidak bertentangan dengan hukum syariat, serta memenuhi hal yang harusnya dipenuhi meurut kadarnya masing-masing.

Selamat Hari Sumpah Pemuda

Hey! Kamu.. Ya! Kamu, Kita.. Para Pemuda Masihkah ada semangat yang dahulu itu?Bdhdd Semangat juang itu, Semangat yang dahulu membangun Negeri ini. Semangat untuk mencapai tujuan yang sama. 90 tahun lalu, tepat pada 27-28 Oktober 1928 Kita berikrar bertumpah darah satu, Kita berikrar berbangsa satu, Kita berikrar untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan Kita bersatu untuk…

KAMU ANAK RANTAU? Baca Artikel Berikut

Assalamu’alaykum teman-teman semuaaaa, apa kabar hari senin kalian? Insyaaallah selalu bahagia yaaa. O iya udah hampir dua bulan kuliah yaa? Gimana udah rindu rumah belum? Apalagi kalau kalian anak rantau Merantau, memilih meninggalkan zona nyaman memang sebuah keputusan besar. Tinggal jauh dari ayah dan ibu dan hidup mandiri adalah sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Rindu…

NYERU!!! NYUNNAH SERU!

Assalamualaikum Sahabat Al-Fath kamu udah tau belum? keistimewaannya bulan “SEPTEMBER”, apalagi di tanggal 19 & 20 ini loh? Kamu penasaran? yuk simak dibawah ini 🙂 Rasulullah SAW menyebut bulan Muharram menjadi bulan yang istimewa untuk memperbanyak amalan ibadah, salah satunya ialah berpuasa. “Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim…

TERNYATA KETIGA HAL INI BERBEDA

Assalamu’alaykum sobat al-fath? Udah baca al kahfi belum hari ini? Oh, iya udah sedekah belum hari ini? Atau sudah mengeluarkan infaq? Eh, kalau akad? Eeh, zakat maksudnya, typo nih. Hehe… Netizen : lah, emang bedanya apa infaq, sedekah sama zakat? Sama aja deh kayaknya Tau gak ternyata dari ketiga hal tersebut ada perbedaannya loh. 1.…