Penting!!! Sebelum Membaca Al-Qur’an Ketahui dulu Beberapa Tanda Berikut

Assalamu’alaikum^^
Apa kabar bro and sist? Udah baca Qur’an blm hari ini? Yuk jangan sampe lupa baca Al-Qur’an nya.

Dalam alquran ada yg namanya istilah waqaf.
Apa itu waqaf?Waqaf secara bahasa memiliki arti berhenti . Sedangkan secara istilah waqaf yaitu menghentikan bacaan sejenak pada akhir kalimat ataupun pada pertengahan kalimat. Tanda – tanda waqaf dalam al-qur’an ada 14. Berikut adalah tanda tanda waqaf dalam alquran.

1.Waqaf Lazim

Waqaf lazim dilambangkan dengan huruf mim ( م ) , yang memiliki arti diharuskan untuk berhenti. Biasanya terletak di akhir kalimat, ini termasuk kedalam waqaf yang sempurna.

2. Waqaf Mutlak

Waqaf mutlak dilambangkan dengan huruf  ta ( ط ) , yang memiliki arti diutamakan untuk berhenti pada waqaf tersebut.

3. Waqaf Jaiz

Waqaf jaiz dilambangkan dengan huruf ja ( ج) , yang memiliki arti boleh berhenti atau meneruskan bacaan.

4. Waqaf Waslu Ula

Waqaf waslu ula  dilambangkan dengan huruf sod , lam , ya (صلى) , yang memiliki arti lebih baik untuk dilanjutkan ke bacaan selanjutnya.

5. Waqaf La washal

Waqaf la washal dilambangkan dengan huruf lam ( لا ) , yang memiliki arti dilarang untuk berhenti kecuali pada akhir kalimat atau ayat disunnahkan untuk berhenti.

6. Waqaf Waqfu Ula

Waqaf waqfu ula dilambangkan dengan huruf qaf , lam  (قال) , yang memiliki arti lebih baik untuk berhenti, pada waqaf tersebut.

7. Waqaf Mu’anaqah

Waqaf muna’aqah dilambangkan dengan tanda titik tiga ( ... ...) , yang memiliki arti berhenti pada salah satu dari tanda titik tiga tersebut.

8. Waqaf Mustahab

Waqaf mustahab dilambangkan dengan huruf  (قيف) , yang artinya diutamakan untuk berhenti pada waqaf tersebut.

9. Waqaf Mujawwaz

Waqaf mujawwaz dilambangkan dengan huruf  (قيف) , yang artinya lebih utama untuk meneruskan pada kalimat berikutnya, namun boleh juga untuk berhenti.

10. Waqaf Murakhas

Waqaf murakhas dilambangkan dengan huruf sad ( ص ) , yang artinya diperbolehkan untuk berhenti karena tidak kuat nafasnya dan ayatnya panjang .Namun leebih baik untuk dilanjutkan.

11. Waqaf Qabih

Waqaf qabih dilambangkan dengan huruf ( ق ) , yang artinya bahwa untuk diutamakan dilanjutkan pada ayat yang terdapat waqaf ini.

12. Waqaf Saktah

Waqaf saktah dilambangkan dengan  (ساكته) , yang artinya bahwa apabila terdapat waqaf ini  maka harus berhenti serta diam sejenak tanpa mengambil nafas atau tanpa ada pergantian nafas  pada ayat yang tedapat tanda tersebut, lalu melanjutkan lagi untuk membaca ayat yang seanjutnya.

Waqaf saktah dalam al-qur’an hanya terdapat dalam 4 surah , yaitu :

  • Surah Yasin ayat 52
  • Surah  Al- Mutaffifin ayat 14
  • Surah Al- Kahfi ayat 1
  • Surah Al- Qiyamah ayat 27

 

Source Artikel:
Memahami Tanda Waqaf Dalam Ilmu Tajwid

#Alfath6thGeneration
#LebihDekatLebihBersahabat
#WaqafAlquran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>