Berbagi ? Kenapa engga?

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Hallo teman teman, kalian pasti asing lagi dengan yang namannya “berbagi”, berbagi dalam segala hal dan pastinya kalian sudah sangat sering melakukan kegiatan berbagi kan ? ada banyak manfaat dari berbagi loh, eh tapi berbagi dalam hal positif ya, berikut 3 manfaat yang akan didapatkan ketika kita berbagi dengan sesama manusia maupun setiap makhluk ciptaan Allah Subhannahu Wa’taala.

  1. Merasakan Ketenangan

Apabila saudara kita sedang kelaparan, dan kita melihat situasi tersebut sehingga kita menjadi penyalur rezekinya dengan berbagi makanan yang dapat mencukupkan kekurangannya maka kita akan merasakan ketenangan yang sangat luar biasa. Hal ini bukan hanya untuk persoalan perut ya teman-teman bisa juga ketika saudara kita membutuhkan pertolongan, kita dapat memberikan pertolongan kepada saudara kita tersebut itu juga termasuk dalam berbagi.

 

  1. Membuat Hati Senang

Kadang kala ada saat dimana kita merasakan lelah, sedih, suntuk, hal hal tersebut hal yang biasa terjadi di kehidupan seorang manusia, namun mau sampai kapan kita merasakan hal tersebut ? percaya atau tidak, dengan berbagi kita akan merasakan kebahagiaan dan membuat hati menjadi lebih membaik sehingga perasaan menjadi senang dan bahagia. Ketika kita melihat orang lain tersenyum, tanpa sadar kitapun turut ikut tersenyum begitu juga saat kita berbagi, ketika saudara kita bahagia atas pemberian kita maka kita juga akan bahagia dengan ikhlas.

 

  1. Menjadi manusia yang Bermanfaat

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناس

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

 

Ketika kita Berbagi, secara tidak langsung kita terbentuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat setiap saat kita berbagi, karena kita bisa bermanfaat bagi saudara kita. Berbahagialah ketika kita bisa berbagi dengan saudara kita karena kita manusia yang sebaik-baiknya manusia seperti yang hadist di atas.

Nah, sebenarnya banyak sekali manfaat dari berbagi, manfaat yang telah disebutkan di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya manfaat berbagi, namun diharapkan untuk kalian selalu senantiasa berbagi yaa karena berbagi bisa dalam bentuk apa saja selagi semua di ranah yang positif, berbahagialah kalian yang sudah menjadikan berbagi sebagai rutinitas dan kewajiban untuk setiap harinya.

Jadi Berbagi ? Kenapa Enggak. Wassalammuallaykum Warahmatullaah Wabarakatuh.

 

 

 

Nurul Shafira, Telkom University, Penerima Beasiswa BMM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>