Maulid Nabi

Assalamualaikumu guys ~

Wahh… akhirnya libur telah tiba ?,
Walaupun cuma satu hari yang penting libur ?~

Pada tau gak ngapa hari ini libur ? ?
Yapp… karena hari ini adalah hari maulid nabi Muhammad saw ?~

Nahh… mumpung kita masih dalam momen maulid nabi saw, kuy kita refresh lagi tentang kilas balik sejarah nabi kita tercinta yaitu nabi Muhammad saw ?~

571 M: Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin, 9 Rabiul Awwal tahun Fil atau bertepatan dengan 20 April 571 M di Kampung Bani Hasyim. Pendapat yang masyhur waktu kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah tanggal 12 rabiul Awwal, akan tetapi menurut perhitungan seorang ahli falak, yakni Muhammad Fasya Al-Falaky yang paling tepat adalah beliau lahir tanggal 9 Rabiul Awwal.

610 M: Turunnya wahyu pertama di gua Hira. Kemudian 3 tahun lamanya beliau berdakwah secara siriyyah (tertutup dan sembunyi-sembunyi).

622 M: Nabi Muhammad SAW pergi berhijrah ke madinah bersama Abu Bakar dan tiba di madinah pada 12 Rabiul Awwal tahun ke 13 bi’tsah (kenabian). Tahun ini dijadikan tahun pertama perhitungan kalender Islam.

624 M: Tersiar kabar bahwa sebuah kafilah raksasa kaum musyrikin berangkat meninggalkan Syam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diikuti sahabat-sahabatnya bermaksud menghadang kafilah tersebut untuk memberikan pukulan telak kepada penduduk Makkah. Akan tetapi kafilah Abu Sufyan berhasil menyelamatkan diri, dan Allah Ta’ala memiliki rencana lain: Perang Badar! Perang ini menjadi shiraaul wujud (pertempuran eksistensi) bagi kaum muslimin. Kaum musyrikin Quraisy kalah telak, maka eksistensi kaum muslimin semakin diperhitungkan masyarakat Arab pada saat itu.

632 M: Tahun ke 10 hijriyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan Haji Wada (perpisahan). Sepulang dari Makkah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berencana melakukan penyerangan kepada Romawi karena telah membunuh Farwah bin Umar Al-Judzami, seorang kepala daerah Romawi yang masuk Islam. Akan tetapi hari-hari terakhir bulan Shafar tahun 11 Hijriyah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai menderita sakit. Akhirnya pada usia 63 tahun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat.

Sumber : https://tarbawiyah.com/2018/03/29/timeline-sejarah-perjuangan-muhammad-rasulullah/

#MaulidNabi
#AlFath5thGeneration
#KabinetBagaskara
#LebihDekatLebihBersahabat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>