KAMU ANAK RANTAU? Baca Artikel Berikut

Assalamu’alaykum teman-teman semuaaaa, apa kabar hari senin kalian? Insyaaallah selalu bahagia yaaa. O iya udah hampir dua bulan kuliah yaa? Gimana udah rindu rumah belum? Apalagi kalau kalian anak rantau

Merantau, memilih meninggalkan zona nyaman memang sebuah keputusan besar. Tinggal jauh dari ayah dan ibu dan hidup mandiri adalah sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Rindu rumah? Itu pasti, tapi menyerah lalu pulang? Tidak dong, karena masih banyak cita-cita yang dikejar, ya kaan?

Nah, buat kamu yang anak rantau Ada tips-tips tipis niih, baca yaaa…
1. Memilih lingkungan atau teman yang baik
Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman (HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378. (ash-Shahîhah no. 927))

Yups, karena kita anak rantau yang jauh dari pengawasan orang tua bukan berarti kita bisa bebas semau kita. Kita tetap harus bisa menjaga diri kita sendiri, caranya? Dengan memili teman dan lingkungan yang baik. Teman yang baik akan mengingatkan kita jika kita telah melampaui batas atau melakukan kesalahan. Teman dan lingkungan yang baik juga akan terus saling menjaga, mengingatkan sholat atau mengajak pergi ke kajian missal. Jadi kita tetap menjadi mahasiswa yang bebas berkarya tapi gak kebablasan.

2. Sisihkan uang jajan
Nah, ini niih, siapa yang kalau masih pertengahan bulan tapi dompet sudah menipis?
Coba deh kamu mulai sisihin uang jajan kamu saat Awal bulan, bisa kamu sisihin di bekas botol Air minum, amplop ATAU malah kamu punya rekening khusus untuk kamu menabung. Setidaknya saat kita menyisihkan uang jajan kita kita akan punya uang cdangan untuk keperluan-keperluan mendesak.

3. Atur pengeluaran
Nah, setelah kita menyisihkan uang jajan, kita juga harus bisa mengatur pengeluaran kita. Setidaknya kita punya rencana pengeluaran selama sebulan atau seminggu kedepan. AGAR kita bisa memperkirakan kebutuhan mana yang bisa kita tahan dan kebutuhan mana yang sangat diperlukan.

4. Membangun koneksi
Selanjutnya hal yang sangat penting dilakukan oleh mahasiswa baik yang merantau atau tidak adalah membangun koneksi. Kembangkan wilayah pertemananmu di dalam maupun di luar kampus.
Caranya?
Kamu bisa ikut organisasi kampus maupun luar kampus, kamu juga bisa ambil bagian pada event-event atau banyak-banyak ikut acara.
Koneksi yang luas memberikan kita banyak keuntungan. akan banyak info-info dari luar yang bisa kita ketahui.

Sekian tips-tips tipis spesial buat anak rantau. Kalau kamu ada tambahan tips gak niih? Sharing-sharing yaa..
Oh iya bonus tips untuk anak rantau :
*jangan lupa telepon orang tua atau keluarga setidaknya seminggu sekali, menanyakan kabar dan memberi kabar juga minta didoakan agar selalu diberi kelancaran.

Kebaikan-kebaikan yang kamu rasakan hari ini belum tentu karena usahamu, tapi ada doa ayah ibumu yang mengharapkan agar anaknya mendapat kebaikan dan kemudahan dimanapun berada

#AlFath
#LebihDekatLebihBersahabat
#KabinetBagaskara
#AnakRantau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>